Translate

Monday 2 September 2013

Endometriosis

Penyebab Dan Tanda
 
Penyakit endometriosis adalah sebuah penyakit pada kaum wanita yang disebabkan oleh karena faktor hormonal yaitu estrogen. Pengertian penyakit endometriosis secara medis adalah penyakit poligenik inheren disease dan penyebabnya kompleks dan multifaktorial dan merupakan hasil dari interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan. Penyakit ini berhubungan dengan... proses inflamasi, imunobiologi dan dan hormonal. Ini adalah definisi pengertian endometriosis.

Penyakit ini adalah merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab wanita sulit hamil atau penyebab infertilitas (kemandulan pada perempuan wanita). Angka infertilitas pada pasien dengan endometriosis sekitar 20-50% adalah merupakan infertilitas primer, sedangkan infertilitas sekunder 15%.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit yang menyebabkan kemandulan pada wanita ini. Beberapa teori mengatakan bahwa penyebab endometriosis ini adalah karena faktor keturunan dan juga bisa dikarenakan adanya pertumbuhan jaringan menstruasi di luar rahim sebagai akibat reaksi dari sistem kekebalan tubuh seorang wanita. Ada juga yang mengatakan bahwa hal ini terjadi karena teori menstruasi retrogard yang mana justru proses mentruasi malahan bergerak mundur.

Gejala endometriosis ini berupa pelepasan sel-sel endometrium bergerak ke arah tuba falopi kemudian masuk ke dalam perut dan tumbuh menjadi bercak jaringan. Dan ada juga yang mengatakan bahwa hal yang bisa menyebabkan hal ini adalah wanita yang seringkali dihadapkan dalam keadaan stress yang berkepanjangan.

Beberapa hal yang bisa mengindikasikan seseorang terkena radang endometrium ini adalah dengan mengenali akan tanda gejala endometriosis yang bisa berupa gejala seperti halnya :
Sakit dan nyeri pada daerah pinggang bawah dan bagian perut. Dan rasa nyeri ini timbulnya adalah ketika menstruasi pada wanita atau pun sebelum terjadinya menstruasi.
Nyeri saat atau setelah berhubungan intim dengan pasangan suami istri.
Pada keadaan dan saat tertentu timbul juga rasa nyeri pada usus, ketika kembung, sembelit atau pun terjadi diare. Lebih spesifik lagi adalah timbulnya nyeri saat pergerakan usus dan juga pada saat buang air besar.
Menstruasi yang sangat berat dan hal ini bisa terjadi dan diketahui dengan adanya perdarahan atau ngeflek diantara waktu haid.
Tidak subur atau infertil. Dan ini juga termasuk dalam ciri-ciri endometriosis juga.
Selain kita mengenal apa yang dimaksud dengan penyakit endometriosis pada wanita ini secara umum dan belum secara spesifik tentunya bagi para penderitanya menginginkan terapi dan pengobatan serta perawatan endometriosis ini.

Pengobatan endometriosis dan perawatannya bisa dilakukan setelah kita memeriksakan diri kepada ahli medis yang berkompeten dan ahli dalam mengatasi penyakit radang endometrim ini. Karena dengan memeriksakan diri akan diketahui diagnosa pasti serta macam pengobatan yang bisa dilakukan. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara ultrasound melalui vaginal sonography.

Jika terdapat "chocolate cyst" ataupun keadaan rahim yang terbalik (retroverted), pembedahan akan dilakukan. Pembedahan akan membetulkan rahim dengan menjahit rahim ke otot perut di bagian depan (ventro-suspension of the uterus). Setelah ini dilakukan, bagian peranakan (rahim) serta bagian sekitarnya akan dibasuh dengan cairan untuk menghilangkan segala kotoran dan keracunan yang dikeluarkan oleh endometriosis. Jika pembedahan pada saluran fallopian, tersumbat ketika pembedahan maka pembedahan dan tindakan operasi pada endometriosis akan dilakukan sekali lagi.

Selain langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, tindakan medis sebagai terapi endometriosisi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian obat-obatan untuk mereduksi aktifitas ovarium sehingga memperlambat tumbuhnya jaringan endometrium yang merupakan salah satu dari penyebab endometriosis itu sendiri.

No comments:

Post a Comment