Translate

Thursday 27 June 2013

Kelebihan Asam Jawa






Asam jawa dikenal sebagai salah satu buah atau rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Ternyata jenis buah yang satu ini juga kaya manfaatnya untuk kesehatan. Didalamnya, asam jawa mengandung gula invert, asam tartrat, asam sitrat, asam asetat, asam malat dan asam suksinat.

Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam buah inilah yang menjadikan jenis buah yang satu ini berkhasiat sebagai obat cuci perut. Berikut beberapa manfaat asam jawa untuk kesehatan :

1. Mengatasi demam

Selain berguna sebagai bumbu dapur, asam jawa juga bermanfaat untuk mengatasi demam. Caranya, rebus buah asam yang telah dibersihkan sampai mendidih, kemudian ambil airnya dan diminum. Konsumsi rebusan air ini dalam satu kali sehari, yakni sebanyak 100 ml.

2. Sebagai obat rematik

Kandungan yang dimiliki di dalam asam jawa memiliki manfaat yang ampuh untuk mengatasi rematik. Caranya, giling daun asam jawa yang masih muda bersama dengan beberapa ruas kunyit. Kemudian, campuran kunyit dan daun yang telah digiling tadi dikompreskan pada bagian yang sakit.

3. Menyembuhkan bisul

Untuk mengatasi bisul, Anda bisa memanfaatkan buah asam untuk menyembuhkannya. Caranya, lumatkan daging buah asam yang dicampurkan dengan garam hitam dan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, tempelkan pada bagian bisul Anda.

4. Mengatasi rasa sakit saat haid

Salah satu manfaat asam jawa adalah untuk mengatasi rasa nyeri untuk perempuan yang sedang mestruasi. Caranya, bersihkan asam dan beberapa ruas kunyit, kemudian masukkan dalam air dan rebus. Hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali selama haid.

5. Mengatasi sakit perut

Sakit perut merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami setiap orang. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan khasiat dari asam jawa. Sangrai beberapa ruas kunyit, kemudian rebus bersama buah asam yang telah dibersihkan, kemudian tambahkan garam secukupnya. Lalu minum satu kali dalam sehari.

6. Mengatasi sariawan

Bagi Anda yang sering mengalami sariawan, Anda pun bisa menggunakan manfaat asam jawa untuk mengatasinya. Caranya, iris kunyit dan daun asam. Rebus dalam air hingga mendidih. Kemudian tambahkan sedikit gula. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum di pagi dan sore hari.

No comments:

Post a Comment